RSS

PT. Sari Husada


PT. SARI HUSADA


Sejarah berdirinya PT Sari Husada
PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. PT Sari Husada mulai berdiri dan beroperasi pada tahun 1954, yang merupakan bantuan dan kerjasama antara UNICEF, FAO, dan pemerintah Indonesia, untuk manajemennya ditangani oleh Bapindo dan diberi nama NV Saridele dengan tujuan utamanya adalah memproduksi makanan untuk bayi dengan bahan baku kedelai, dalam perkembangannya.
Pada tahun 1962 ketika pemerintah Indonesia keluar dari PBB, maka UNICEF dan FAO juga melepaskan Saridele sedangkan manajemen dipegang oleh Perusahaan Farmasi Negara, kemudian perusahaan berganti nama menjadi PN Sari Husada. Pada tahun 1966, perusahaan menghentikan produk saridele dan menggantinya dengan produk susu bubuk bayi SGM dan SNM untuk bayi berusia 6 bulan dan seterusnya. yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk- produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak.
Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972 Untuk meningkatkan permodalan, PT Kimia Farma mengadakan joint venture dengan PT Tigaraksa dengan komposisi modal Kimia Farma sebesar 55% dan Tigaraksa sebesar 45%, dan seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada.
Pada tahun 1983, PT Sari Husada go public dan komposisi modalnya Tigaraksa menjadi 39,5%, Kimia Farma 33%, dan masyarakat 27%. perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992 Tigaraksa memiliki 13,4% dan mengontrol 61,4% yang dimiliki PT Tigaraksa Satria sebagian besar saham Sari Husada dimiliki PT Tiga Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico) yang berpusat di Amsterdam Belanda dan kini Nutricia merupakan pemegang saham mayoritas Sari Husada. Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.
Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan. tujuan utama PT Sari Husada adalah memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga Indonesia dengan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Visi dan Misi
Visi : Menjadi pemimpin pasar produk nutrisi bergizi untuk bayi dan anak di Indonesia.
Misi :
·         Memperbaiki nutrisi masa pertumbuhan anak-anak Indonesia.
·         Mengurangi impor makanan yang telah diproses khususnya produk susu bubuk.
·         Turut serta membangun kesehatan dan kecerdasan bayi dan anak-anak Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terpercaya dan terjangkau.
·         Menghasilkan pertumbuhan perseroan yang berkesinambungan melalui sistem manajemen berkualitas tinggi dan pendekatan inovatif dalam budaya integritas tinggi.
·         Mengutamakan kepuasaan seluruh stakeholders.

Produk – Produk PT Sari Husada
Beberapa produk yang diproduksi PT Sari Husada yaitu SGM, SGM-2, SNM, SNM Soy, LLM, VITALAC, VITALAC-2, Lactamil, VITA-NOVA, SGM- Junior, Sari Husada Full Cream Milk Powder, UHT, Lactamil Awal, Kehamilan, Lactamil Ibu Hamil, Lactamil Ibu Menyusui, Formula Awal, Formula Lanjutan, Formula Specialitis dst.

Jasa Penjualan & Distribusi
Jasa Penjualan & Distribusi yang merupakan bisnis inti dari Perseroan dilakukan dengan 2 (dua) metode distribusi yaitu dengan: (i) melakukan penjualan kepada outletoutlet, baik dilakukan oleh Perseroan sendiri maupun melalui sub-distributor; dan (ii) melakukan penjualan langsung kepada konsumen (direct-selling) Penjualan dan Distribusi Consumer Products Unit Operasi Sales and Distribution (S&D) menangani distribusi consumer product melalui lebih dari 100 sub-distributor dan penjualan langsung kepada modern outlet.Sub-distributor bertindak sebagai mitra perusahaan untuk menyalurkan barang ke berbagai outlet di berbagai daerah, terutama traditional outlet sesuai dengan sistem dan kebijakan yang ditetapkan Perseroan.

Sari Husada memiliki tiga kode etik, yaitu:
Ø  Kode Etik Perilaku Sari Husada, yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha, ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholder, keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlingkungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasi manusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha, kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur, dan rantai pasokan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan para klien.

Ø  Kebijakan Kewaspadaan Karyawan, untuk membantu para karyawan menjaga dan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenai setiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; pelanggaran kode etik; bahaya terhadap kesehatan umum, keselamatan kerja dan lingkungan; pemberian keterangan palsu; menahan, memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran; pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan.

Ø  Kebijakan Penyelenggaraan Usaha, yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan usaha, terkait dengan benturan kepentingan, suap dan pembayaran yang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti- pencucian uang.


Pembahasan saya:

·         Pandangan PT. Sari Husada terhadap KM
Percaya suatu KM dapat mempertahankan serta mengembangkan usahanya hingga Go Public.

·         KM yang diterapkan PT. Sari Husada
-      Menentukan cara distribusi yang cocok untuk produknya.
-      Telah menentukan kode etik perusahaan, seperti berkomitmen atas segala yang berhubungan dengan perusahaan, kebijakan kewaspadaan karyawan, dan kebijakan penyelenggaraan usaha.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Jakarta 03 November 2015
Kepada Yth,Bpk/Ibu
PT Sari Husada
Di – Tempat

Hal : Penawaran pengurusan Customs Clearance
Lampr : 2 Berkas


Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Golden Indah Pratama yang beralamat di Jl. Otista Raya No. 141 Jati Negara Jakarta Timur. Kami adalah perusahaan yang bergerak di Ekspedisi Muatan Kapal Laut & Udara, pengurusan Customs Clearance barang import di KPU Bea&Cukai dengan system Undername Consignee dan kami telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama Se-Asia, Jakarta dan kota - kota besar lainnya di Indonesia.

Sehubungan dengan hal itu kami bermaksud mengajukan penawaran Harga Customs Clearance untuk menjadikan PT. Golden Indah Pratama Sebagai Kepercayaan perusahaan yang Bapak/Ibu kelola dalam perihal pengurusan Barang Import dari berbagai Negara.
PT. Golden Indah Pratma Sudah Memiliki Izin Resmi diantaranya :
1. API-U, IT, SRP / NIK
2. UNPICK
(Electronik,Mesin Dan Toys),(Makanan dan Minuman,Besi/Baja),(Barang Arkes),(mainanan anak anak),(Buku, Kertas),(Alas Kaki),(Pakaian Jadi),(Garmen, Benang, Tekstil, Tas, Sepatu),(plapon, fornitur),(Pipa Hdpe, Spare Part Pipa Hdpe),(Mobil, Spare Part Mobil, Motor),(Rempah, Chemical, pupuk, Oil , Bahan Sabun) Dll.
Harapan kami penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan perbandingan silahkan Bapak lihat di lampiran yang berisikan daftar harga yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak/ibu berminat kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan banyak terimakasih

Hormat Kami
PT.Golden Indah Pratama

SUTIA
081390549128

Posting Komentar